Lakukan Empat Aktivitas Ini untuk Menjaga Puasa Anda, Perhatikan Nomor 2

Ilusrasi berpuasa. (Freepick)
Ilusrasi berpuasa. (Freepick)

BERITA.NEWS – Pemerintah Indonesia menetapkan puasa 1 Ramadan 1440 Hijriah akan dimulai Senin (6/5/2019) hari ini, berdasarkan hasil pemantauan hilal dan ditetapkan melalui sidang Isbat.

Berpuasa ramadan selama 30 hari tentu bukanlah hal mudah bagi sebagian orang. Perlu kesabaran untuk menjaga hawa nafsu dari godaan untuk makan dan minum dan atau larangan lainnya.

Agar ibadah puasa Anda bertahan hingga waktu berbuka, berikut ini ada empat tips dari kami agar proses berpuasa Anda berlangsung lancar:

  1. Membaca Buku

Jika Anda berpuasa, membaca buku bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga puasa Anda tetap lekang hingga berbuka.

Ilustrasi membaca buku. (Pixabay/pexels)

Aktivitas ini dapat dilakukan di sela-sela senggang waktu rutinitas harian. Apalagi bagi Anda yang memang hobbi membaca buku.

Pada bulan ramadan ini, Anda bisa merampungkan bacaan buku yang sebelumnya belum dituntaskan. Dan atau memulai satu per satu buku yang Anda ingin baca.

2. Bermain Video Game

Nah, aktivitas ini kerap dilakoni anak-anak remaja saat sedang berpuasa. Bermain video game memang menjadi salah satu rutinitas favorit saat bulan puasa ramadan tiba.

(Pixabay/Olichel)

Bermain game berjam-jam baik itu playstation atau di komputer Anda, bisa menjaga puasa Anda tetap lancar. Apalagi kini bermain video game dapat dilakukan dari smarth phone masing-masing.

3. Membaca Alquran

Secara umum, umat muslim meyakini bahwa membaca ayat-ayat Alquran bisa menambah pahala di bulan puasa ramadan. Selain itu juga bisa meredam nafsu duniawi seseorang yang berpuasa.

Sejumlah komunitas muslim di Indonesia membaca Alquran satu juz untuk setiap hari selama ramadan. Jadi, jika Anda ingin menamatkan bacaan Alquran, momen bulan puasa ramadan adalah waktu yang tepat.

Membaca Alquran. (Picswe)

Tapi, jangan sekadar membaca, penting kiranya untuk membaca terjemahan setiap ayat Alquran untuk menambah wawasan dan pengetahuan demi amal ibadah Anda.

4. Memancing Ikan

Jika Anda melalui bulan puasa ramadan di tempat yang dekat dengan laut dan atau sungai, memancing ikan bisa menjadi pilihan untuk menahan makan dan minum saat berpuasa.

Ilustrasi memancing ikan. (pixabay_pixels2013)

Seperti halnya berpuasa untuk menahan dan melatih kesabaran, memancing merupakan aktivitas yang dapat menguji kesabaran Anda menunggu hingga umpan disambar ikan.

Aktivitas ini kerap dilakukan saat puasa ramadan pada waktu-waktu setelah Salat Dzuhur hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Selamat mencoba!

Baca lebih banyak tips dan liputan Ramadan 1440 Hijriah di sini