Mengenal Tradisi Unik Warga Walmas Menyambut 1 Ramadan

Warga Desa Tombang, Walmas, Luwu menyambut Ramadan dengan pawai obor (BERITA.NEWS/ Asri)

BERITA.NEWS, Luwu – Menyambut bulan suci Ramadan di tahun 2019, sejumlah masyarakat Walmas, Luwu, Sulsel melakukan tradisi unik pawai berkeliling kampung di Desa Tombang dengan menggunakan obor.

Pawai obor menyambut Ramadan ini dilakukan hampir seluruh kalangan masyarakat Walmas, terkhusus di Desa Tombang, Kecamatan Walenrang, tanah kelahiran Wakil Bupati Luwu, Syukur bijak.

Sejumlah anak-anak dan orang dewasa hingga orang tua tumpah ruah dijalanan sambil berkeliling dengan menggunakan sebatang obor.

Tradisi unik ini dilakukan setiap tahun untuk menyambut bulan suci Ramadan 1440 H. Pawai obor ini dimulai dari halaman Masjid Syafaah Tombang menuju jalan- jalan desa.

Untuk mengamankan jalur lalu lintas saat proses pawai obor ini berlangsung, puluhan personel Polsek Walenrang disiagakan di sejumlah titik yang akan dilewati peserta pawai obor.

Sambil mengumandangkan takbir, sejumlah peserta pawai obor ini melintasi beberapa jalur yang ada di tengah Kecamtan Walenrang dan Desa Tombang   dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer.

Baca Juga :  Kodim Gowa Berhasil Salurkan BLT-Migor ke 4.000 Masyarakat Kurang Mampu

Asri