Pemain-pemain PSM yang Berpotensi “Dibajak” Robert ke Persib

Pemain PSM Makassar dan Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Instagram/psm.corner, persib)
Pemain PSM Makassar dan Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Instagram/psm.corner, persib)

BERITA.NEWS, Makassar – Eks pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, resmi diperkenalkan sebagai juru taktik Persib Bandung untuk Liga 1 Indonesia musim 2019.

Keputusan Robert Rene Alberts menerima tawaran menjadi pelatih Persib, memberi rasa kejut bagi sejumlah pendukung PSM. Apalagi pelatih berpasspor Belanda itu mundur dari Juku Eja karena alasan sakit.

Baca juga:

Selain itu, ditunjuknya Robert sebagai pengganti Miljan Radovic di Tim Maung Bandung memicu desas-desus, bahwa sejumlah pilar PSM disebut akan ikut menyusul Robert ke Persib.

Bukan tanpa alasan, sebab 80 persen dari skuat PSM musim ini adalah pemain-pemain yang didatangkan dan dipertahankan sebelum Robert mundur dari kursi pelatih.

Lantas siapa saja pemain-pemain PSM yang berpotensi menyusul Robert ke Persib Bandung? Berikut para pemain tersebut.

Wiljan Pluim

Kreator permainan PSM, Wiljan Pluim, disebut-sebut salah satu pemain yang berpotensi menyusul RobertRene Alberts ke Persib Bandung. Asumsinya, Pluim punya kedekatan emosional dengan Sang Mener sebagai sesama warga Belanda.

Wiljan Pluim (kanan) ditekel pemain Kalteng Putra FC. (Instagram/psm_makassar)

Meski Pluim masih memiliki kontrak hingga tahun 2021 di Juku Eja, tapi tak menutup kemungkinan pemain bernomor punggung 80 ini akan dilepas ke Persib dengan catatan tawaran nilai yang diinginkan PSM.

Apalagi manajemen Persib sejak dua musim terakhir telah kepincut dengan permainan Pluim. Selain itu, Robert merupakan pelatih pertama yang memboyong Pluim ke Indonesia dari Liga Thailand.

Bayu Gatra

Mantan pemain Madura United ini, bergabung ke PSM berdasarkan rekomendasi Robert bersama 5 pemain lainnya. Namun belum sempat mengeksplor kemampuan Bayu Gatra, Robert justru memilih mundur dari kursi pelatih.

Pemain PSM, Bayu Gatra (kiri) saat berhadapan dengan pemain Kalteng Putra FC di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, beberapa waktu yang lalu. (Instagram/psm.corner)

Bayu Gatra berpotensi menjadi pemain yang akan “dibajak” Robert ke Persib. Apalagi sejak bergabung ke PSM, Gatra hanya menjadi pelapis baik di Piala Presiden, AFC Cup dan Piala Indonesia.

Pemain kelahiran Jember, 12 November 1992 itu bisa menjadi opsi pelapis dan atau menggeser posisi Ghozali Siregar atau Febri Hariyadi di Persib.

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga juga salah satu pemain yang berpotensi diboyong Robert ke Persib Bandung. Ada banyak faktor mengapa pemain ini sangat memungkinkan dibajak ke Persib.

Pertama, Ferdinand punya kedekatan emosional dengan Robert. Dia pernah menyebut Robert sebagai pelatih terbaik di Liga Indonesia. Bahkan, pemain berjuluk The Dragon itu pernah mengatakan sosok Robert sebagai ayah di lapangan.

“Best coach and best father in the field. Sehat selalu dan cepat kembali melatih dimanapun dan sukses selalu,” tulis Ferdinand di akun Instagramnya, saat Robert mengumumkan mundur dari PSM.

Postingan Ferdinand Sinaga di Instagram saat Robert mundur dari PSM, 13 Januari 2019. (Screenshot)

Saat Ferdinand mundur dari Kelantan FA Malaysia pada tahun 2018, Robert merupakan orang pertama yang merekomendasikan kepada jajaran manajemen PSM agar merekrut kembali pemain kelahiran Bengkulu, 18 September 1988 itu.

Akhirnya Ferdinand pun kembali merumput bersama PSM. Dia berpotensi dibajak ke Persib juga karena alasan pemain ini pernah mengantar Maung Bandung menjadi juara Liga Indonesia musim 2013-2014.

Marc Klok

Tak Dipungkiri, Robert Rene Alberts adalah pelatih yang membawa Marc Klok ke PSM pada Liga Indonesia musim 2017 dan bersinar hingga saat ini.

Marc Klok. (Instagram/psm.corner)

Saat Robert masih menjadi Head Coach PSM, Klok selalu menjadi pilihan utama di lini tengah. Tak ayal, pencetak enam gol Juku Eja pada Liga Indonesia musim lalu disebut-sebut sebagai pemain yang berpotensi direkrut Robert ke Persib.

Akan tetapi, untuk memboyong eks pemain Dundee FC ini terbilang cukup sulit. Sebabnya adalah Klok telah dikontrak PSM hingga tahun 2023.

Di luar faktor kontrak jangka panjang, Manajemen PSM juga memperjuangkan agar pemain asal Belanda ini mendapat status sebagai WNI atau pemain naturalisasi.

Akan tetapi, faktor Belanda “Connection” dengan Robert Rene Alberts dan tawaran yang tinggi dari Tim Maung Bandung tak menutup kemungkinan Marc Klok meninggalkan PSM ke Persib.