OPINI: Hardiknas dan Ketokohan Ki Hajar Dewantara Hingga ke Sosok Basmin Mattayang

Faisal M Alulu
Sekretaris MPC PP Luwu



HARI Pendiidkan Nasional yang kita rayakan setiap tanggal 2 Mei tak lepas dari sosok Ki Hajar Dewantara yang kita kenal sebagai Bapak Tokoh Pendidikan.

Beberapa hal yang kita masih ingat sampai hari ini adalah dimana beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa, dan semboyan pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tuladha. Ing Madya Mangun Karsa.

Tut Wuri Handayani (di depan menjadi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dorongan)

Dunia pendidikan tak lepas dari para pengajar alias guru, para pejuang tulus tanpa tanda jasa yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah. Pendidikan tak berhenti di bangunan sekolah saja, tapi juga di rumah, di jalan, dan di mana-mana adalah ruang untuk belajar sehingga muncullah semboyan kita bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

Hal inilah yang menjadi cambuk pemerintahan kita sejak reformasi dengan terus menggodok UU sehingga melahirkan UU SISDIKNAS guna memacu para guru untuk terus berinovasi dalam memberikan pelajaran kepada siswanya.

Hal ini pula yang menjadi prinsip bapak H Basmin Mattayang yang mana sebelum beliau menjabat sebagai Bupati Luwu periode 2019-2024.

Beliau sangat dikenal sebagai sosok tokoh pendidikan di Sulawesi Selatan yang mana beliau telah banyak menghasilkan Inovasi di bidang pendidikan.

Terbukti dengan, beliau bisa mendirikan sebuah Yayasan Pendidikan Katangka Sulawesi Selatan dengan membuat SMK Pelayaran Katangka Makassar.

Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1996 dan masih bisa eksis hingga saat ini dengan menghasilkan alumni yang telah sukses menjadi pelaut ulung dan andal, bukan cuma di nasional, bahkan tidak sedikit alumninya eksis di dunia maritim internasional.

Kemudian beliau mengambil inisiatif untuk kembali mendirikan sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Datu Kamanre karena beliau sangat tahu bahwa Luwu punya potensi anak muda yang minat bakatnya mengabdi di dunia kesehatan. 

Saat ini beliau telah menjabat sebagai Bupati Luwu Periode 2019-2024 tentu banyak hal yang menjadi cita-cita beliau dalam mewujudkan Kab Luwu yang maju pendidikannya bersaing sumber daya manusianya dan sejahtera masyarakatnya.

Karena beliau sangat meyakini melalui dunia pendidikanlah beliau bisa mengangkat harkat dan martabat masyarakat Luwu.

Harapan kami selaku masyarakat awam berharap seluruh insan pendidikan di Kab Luwu dapat menyambut dan mengambil peran aktif bersama Pemkab Luwu saat ini dalam memajukan dunia pendidikan sehingga tahun yang akan datang Luwu akan menghasilkan generasi muda yang bisa bersaing bahkan mampu berinovasi di nasional bahkan internasional.

Sebagai penutup tulisan ini kami berdoa dan berharap agar dunia pendidikan di Tanah Luwu, khususnya di Kab Luwu yang kita cintai dapat terus maju dan berkembang jika berpadunya antara pemimpin daerah dan penggiat pendidikan, baik itu guru ASN maupun honorer.

Sekali lagi selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional. Sukses terus untuk seluruh tenaga kependidikan di Kab Luwu, SalamaQTappadaSalama

Comment