Jemaah An-Nadzir Gowa Berpuasa Sabtu Besok

Musyawarah penentuan 1 Ramadan 1440 oleh Jemaah An-Nadzir Gowa.
Musyawarah penentuan 1 Ramadan 1440 oleh Jemaah An-Nadzir Gowa.

BERITA.NEWS, Gowa – Setelah dilakukan musyawarah oleh tim sembilan yang diamanahkan oleh Jemaah An-Nadzir pada Kamis 3 Mei 2019 malam. Akhirnya ditetapkan Jemaah An-Nadzir Gowa akan memulai berpuasa pada Sabtu 4 Mei 2019 besok.

Menurut Sekjen An-nadzir atau Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jemaah  An-nadzir Gowa, Ustaz M Samiruddin Pademmui, dari hasil musyawarah tersebut, diperoleh kesepakatan yang bermuara pada keputusan akhir berdasarkan parameter yang dipahami.

“Alhamdulillah, Insya Allah Jemaah An-nadzir akan memulai puasa hari sabtu tanggal 4 mei 2019, itu niat menyambut datangnya Ramadan. Dan untuk satu Ramadannya secara full itu insya Allah hari Ahad tetapi estimasinya pergantian bulan itu terjadi pada hari Sabtu sekitar jam 14.00 siang,” jelas Ustadz Samiruddin.

Lebih lanjut, Ustaz Samiruddin menjelaskan dalam penentuan Ramadan setiap tahunnya, Jemaah An-Nadzir Gowa melihat sesuai dengan gejala alam.

“Mengamati bulan, perpisahan bulan, mulai mengamati bulan dari bulan purnama yaitu 15, sempurna kemudian menghitung ke bawah sampai terakhir, tiga bulan terakhir disitulah kita memang menghitung dengan estimasi itu setiap malam dengan interval waktu sekitar 54 menit,” terangnya.

Melalui rumus tersebut, Jemaah An-Nadzir Gowa melihat bulan akan berpisah pada Sabtu sekitar pukul 14.00 Wita. Tanda-tanda ini akan disempurnakan lagi dengan mengamati pasang puncaknya air laut.

“Sebenarnya kalau berdasarkan beberapa hadist juga di jaman Rasulullah itu pengamatan bulan bisa di mulai dari bulan Rajab kemudian Syaban dan teman teman sudah melakukan itu. Jadi, sebenarnya musyarawah kita malam hari ini hanya mengambil suatu keputusan yang sebenarnya selama ini dasar dasarnya itu kita sudah pantau sejak memasuki bulan Rajab, Syaban hingga hari ini,” demikian Ustaz Samiruddin.

.ACP