Jelang Hardiknas, Dinas Pendidikan Takalar Gelar O2SN

Wakil Bupati Takalar H Achmad Daeng Se’re saat memberikan sambutan pada upacara Hardiknas dilapangan Makkatang Daeng Sibali, Minggu (28/4/2019) (HUMAS PEMKAB TAKALAR)

BERITA.NEWS, Takalar – Menjelang Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2019. Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Lapangan Makkatang Daeng Sibali, Minggu (28/4/2019).

Kegiatan yang dihadiri wakil Bupati Takalar H Achmad Daeng Se’re, Kadis Pendidikan Takalar Muh. Darwis, Ketua DPRD Takalar H Muh Jabir Dg Bonto, Dandim 1426 Takalar Letkol Inf Ilham Yunus, Kapolres Takalar yang mewakili dan unsur Forkopimda lainnya. 

Acara diawali dengan upacara hari pendidikan nasional yang dihadiri oleh seluruh peserta kontingen O2SN dari Kecamatan se-Kabupaten Takalar, dimulai dari kontingen Kecamatan Mangarabombang, UPT SMP 3 Galesong Selatan, Polongbangkeng Utara, Galesong Utara, Galesong, Mappakasunggu, Polongbangkeng Selatan, dan Sanrobone. 

Wakil Bupati Takalar H Achmad Daeng Se’re mengatakan kecerdasan anak bangsa ditingkat IPM terutama di Kabupaten Takalar ini adalah indeks pembangunan manusia masih merata. Oleh karenanya itu Wabup berharap terutama mulai deteksi dini kalangan SD, SMP, SMA dan selanjutnya. 

“Marilah kita bersatu padu menjadi tantangan kedepan bahwa pendidikan ini sangat penting kepada anak bangsa kedepan,” ucap Wabup Takalar saat memimpin upacara. 

H. Ahmad Dg Se’re juga mengapresiasi kalangan masyarakat utamanya murid dari SD, SMP, SMA dan Guru yang ikut menyemarakkan acara yang digelar Dinas Pendidikan menjelang Hardiknas dirangkaikan dengan O2SN. 

“Saya mengapresiasi para guru dan murid sekolah se-Kabupaten Takalar walau cuaca buruk seperti ini, semangat mereka untuk hadir di O2SN jelang Hardiknas. Untuk Guru-guru marilah kita bersatu padu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Takalar, ” tandas H. Achmad. 

Sementara kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar menjelaskan hari pendidikan ini menjadi semangat kita semua bagi kalangan pendidik. Perlunya pengawasan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dalam hal mendidik para murid. 

“Kami berupaya semua unsur yang terkait dibidang pendidikan agar berupaya mengawasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas murid, baik itu Kepala Sekolah, Guru, pengawas dan unsur lainnya,” ungkap Darwis. 

Acara hari pendidikan nasional yang dirangkaikan dengan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang dihadiri ratusan peserta murid dan guru. Dalam hal ini Dinas pendidikan Kabupaten Takalar menyediakan berbagai lomba seperti lomba Barisan Kontingen atau Defile, lomba tarik tambang antar kontingen dan lain lainnya. 

Dilomba barisan kontingen ini yang berhasil mendapatkan Juara 1 dari Kontingen Galesong, Juara 2 Galesong Utara, juara 3 Sanrobone dan yang berhasil menjuarai harapan satu dari Kontingen Mappakasunggu. 

Abdul Kadir