1.873 WNA Ilegal Mengungsi Ke SulSel

Kunjungan Kerja Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri
Kunjungan Kerja Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri

BERITA.NEWS, Makassar- Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) rupanya kedatangan 2.851 Warga Negara Asing (WNA) tersebar di beberapa kabupaten dan kota. 1.873 orang diantaranya adalah WNA Ilegal.

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Sulsel, Ansyar mengatakan kewaspadaan perlu di tingkatkan dengan banyaknya WNA asing khususnya ilegal.

Olehnya itu, pihaknya meminta melalui Kunjungan Kerja Tim Koordinasi Kunjungan Orang Asing (TK KORA) Kementerian Luar Negeri  di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, agar ada pembatasan WNA masuk di Sulsel.

“Ini memberikan dampak sosial, jumlah imigran ini kalau bisa dibatasi ke Sulsel. Bisa dikurangi, ini harus diantisipasi kalau bisa di fasilitasi oleh TK KORA ini. Bahkan  WNA ini lakukan demonstrasi menuntut hak di DPRD,” tegasnya.

Sama halnya, Asisten 1, Salim menyebut kebanyakan WNA yang ada khususnya pengungsi Rohingya Myanmar sudah beristri dengan penduduk lokal dan sudah beranak pinak.

“Dia sempat unjuk rasa dan diterima di DPRD ternyata mereka sudah beranak pinak, hampir rata-rata sudah kawini penduduk disini. Bahkan mereka menuntut untuk bisa diberikan izin bekerja,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Keamanan Diplomatik Luar Negeri Teguh Wardoyo mengatakan provinsi Sulsel memiliki daya tarik bagi WNA, khususnya yang mencari suaka.

“Provinsi ini punya daya tarik luarbiasa, banyak cara warga negara asing datang ke mari. Termasuk 1000 lebih imigran gelap,” pungkasnya.

.KH