Peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII di Rangkaikan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019

Foto bersama Sekda Takalar H. Arsyad dan peserta upacara, Kamis (25/4/2019). (BERITA.NEWS/AK)
Foto bersama Sekda Takalar H. Arsyad dan peserta upacara, Kamis (25/4/2019). (BERITA.NEWS/AK)

BERITA.NEWS, Takalar – Sekertaris Daerah (Sekda) Takalar H. Arsyad memimpin upacara Peringatan hari otonomi daerah XXIII yang di rangkaikan dengan hari kesiapsiagaan bencana tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman kantor bupati takalar, Kamis (25/4/2019)

Tema yang di angkat dalam peringatan hari otonomi daerah “meningkatkan kualitas sumber daya manusia indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif” sedangkan hari kesiapsiagaan bencana mengangkat tema “kesiapsiagaan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan komunitas”.

Sekda takalar saat membacakan sambutan serentak menteri dalam negeri pada peringatan hari otonomi daerah mengatakan melalui tema peringatan ini menjadi refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah.

Baca Juga :  TP PKK Luwu Sosialisasikan Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, PHBS dan 5 Pilar STBM

“Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat” kata H. Arsyad.

Kesempatan yang lain H. Arsyad memamparkan bahwa melalui diri sendiri bersama dengan teman ataupun keluarga kita semua bisa menjaga akan terjadinya bencana.

“Kita semua harus terbuka dan berbagi informasi antar sesama mengenai kejadian-kejadian yang terjadi agar masyarakat cepat memahami kondisi dan menanggapinya agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dapat diminimalisir,” jelasnya.

Pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XXIII yang di Rangkaikan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 Pemerintah Takalar memberikan bantuan 2 buah mobil kepada Badan Penanggulangan Bencana atas apresiasi dan perhatian pemerintah dalam kesiapsiagaan bencana ini

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

Terpisah Kepala Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar, H. M Nasir Rahman, mengatakan, kegiatan Upacara memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana ( HKB) Kabupaten Takalar 2019 dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana.

“Perlunya membangun partisipasi semua pihak melalui berbagai kegiatan kesiapsiagasn bencana seperti edukasi kebencanaan, simulasi evakuasi mandiri,geladi lapangangan, dan uji sirine dll,” beber H. Nasir.

  • Abdul Kadir