WhatsApp, Facebook, Instagram Down Jadi Trending Topic Dunia

Berita.News – Minggu (14/4/2019) sekitar pukul 17.30 WIB tiga layanan sosial media raksasa Facebook, WhatsApp dan Instagram sudah mulai pulih. Para pengguna sudah dapat mengakses ketiga layanan tersebut seperti biasa setelah sebelumnya Down selama kurang lebih 2,5 jam.

Berdasarkan laporan dari situs downdetector.com, gangguan tersebut terjadi di beberapa negara Asia termasuk salah satunya di Indonesia. Ketiga layanan tersebut tumbang hampir dalam waktu bersamaan.

Diawali dengan tumbangnya Facebook sekitar pukul 17.28 WIB, selanjutnya Instagram sekitar pukul 17.33 WIB lalu disusul WhatsApp sekitar pukul 17.58 WIB. Para pengguna yang merasakan gangguan pada ketiga layanan tersebut langsung mencurahkan kekesalan mereka di media sosial Twitter.

Bahkan, tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsAppDown sempat menjadi trending topik ke tiga di dunia.
Sekitar lebih dari 32.000 pengguna Twitter berame-rame berkicau menggunakan ketiga tagar tersebut dalam waktu yang sangat singkat. Selain mengeluhkan layanan yang tumbang, tidak sedikit dari para warganet mengejek dengan candaan.

Facebook bukan pertama kalinya mengalami hal seperti ini, pada pertengahan bulan Maret lalu, facebook juga sempat mengalami gangguan yang serupa.

Pada saat itu, Mark Zuckerberg sang pemilik Facebook mengatakan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan adanya perubahan konfigurasi pada server mereka. Hal itu mengakibatkan Facebook dan Instagram waktu itu tidak dapat digunakan selama kurang lebih 6 jam.