Gubernur Sulsel Salurkan Dana Tanggap Darurat Rp16 Miliar untuk Bantaeng

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyerahkan bantuan untuk Kabupaten Bantaeng yang dilanda banjir. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Sabtu (13/6/2020).

BERITA.NEWS, Bantaeng – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) menyambangi lokasi banjir di Kabupaten Bantaeng yang mengakibatkan satu korban jiwa, Sabtu (13/6/2020).

Satu korban jiwa tersebut berada di Kampung Beru, Kelurahan Bonto Atu, Kecamatan Bissappu. NA juga serahkan bantuan dana tanggap darurat senilai Rp 16 miliar di Kantor BPBD Bantaeng.

Adapun dana bantuan bencana tersebut diperuntukkan rekonstruksi akibat dampak banjir, masing-masing untuk anggap darurat sebesar Rp1 miliar dan dana rekonstruksi Rp15 miliar.

“Saya kira banyak saudara-saudara kita butuh kepastian pemerintah. Bahwa bencana ini ada, pemerintah harus hadir,” kata NA.

Selain itu, mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengaku daerah yang pernah dipimpinannya itu merupakan wilayah yang rawan banjir. Berada pada wilayah pegunungan, dataran rendah dan juga laut.

“Saya juga jujur selama 10 tahun (menjadi bupati di Bantaeng) kalau sudah hujan kita sudah gelisah semua,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Junaedi Bakri menyebutkan bahwa untuk pencairan dana tanggap darurat dari Pemprov tinggal menunggu proposal Pemkab Bantaeng.

“Kami di Provinsi tinggal menunggu proposal dari Kabupaten Bantaeng untuk kami approve bantuannya. Bantuan ini diharapkan akan betul menyentuh apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin juga menyerahkan bantuan lauk pauk 78 paket, makanan tambahan gizi 78 paket, shelter kit 30 paket dan sandang 100 paket yang diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

. Andi Khaerul

Comment